Dukung Jalan Tol Gempol-Pasuruan: Walikota Pasuruan Gelar Sosialisasi

Molornya pembebasan tanah di beberapa desa di wilayah Kabupaten Pasuruan, diharapkan tidak terjadi di wilayah Kota Pasuruan. Walikota Pasuruan Hasani komitmen mendukung program pemerintah menuntaskan pembangunan Jalan Tol Gempol-Pasuruan yang membentang dari Gempol sampai Grati sepanjang 34,13 km.

Pernyataan Walikota Hasani terungkap dalam acara sosialisasi Pembangunan Jalan Tol Gempol-Pasuruan di wilayah Kota Pasuruan. Acara yang diselenggarakan di Rumah Makan Nikmat Rasa tersebut  (20/10) selain dihadiri Walikota Pasuruan, juga dihadiri Muspida setempat, P2T Kota Pasuruan, TPT, Camat, Kepala Desa, serta warga yang terkena pembebasan tanah Jalan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2.

Hengki Herwanto, Direktur Utama PT Transmarga Jatim Pasuruan (BUJT Gempol-Pasuruan, red), menyambut antusias kegiatan tersebut. Bahkan secara khusus mantan corporate secretary Jasa Marga ini memuji Walikota Pasuruan.

“Orangnya merakyat, low profile, dan tidak minta dilayani layaknya seorang pejabat. Kita berharap dengan karakter seperti itu, Walikota Pasuruan benar-benar bisa membantu menuntaskan pembebasan tanah di wilayah Pasuruan,” ujar Hengki saat dikonfirmasi konstributor Info Tol.

Sebagaimana diketahui, Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34,13 km melintasi Kabupaten Pasuruan dan Kotamadya Pasuruan. Pembebasan tanah di wilayah Kotamadya Pasuruan diproyeksikan untuk pembangunan Jalan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 yang membentang dari Bangil menuju Pasuruan Kota sepanjang 8,1 km.  Dari 97 ha kebutuhan tanah untuk Seksi 2, 27 ha di antaranya berada di 5 desa di 2 kecamatan Kotamadya Pasuruan.

Hengki berharap setelah diselenggarakan acara sosialisasi ini, tahapan pembebasan tanah segera dimulai dan selesai sesuai waktu yang telah ditentukan. Pengalaman pahit pembebasan tanah seksi 1 yang hanya tinggal 10% namun tidak segera tuntas, semoga tidak terjadi lagi. (Roedi P edited by Donny)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *